Subhanallah !! Inilah Bekal Agar Kita Mudah Melewati Jembatan Shiratal Mustaqim....

Pada hari kiamat setiap manusia akan melalui jembatan yang terbentang di atas neraka jahanam. Jembatan ini digambarkan seperti sehelai rambut yang dibelah tujuh serta lebih tajam dari sebilah pedang. Jembatan ini bernama Shirathal Mustaqim.


Setiap orang akan melewatinya sesuai sama amalannya. Ada yang sukses melewatinya dengan cepat, ada yang melewatinya dengan lambat serta ada juga yang terjatuh kedalam neraka. Hingga telah semestinya apabila kita menyiapkan bekal untuk menghadapinya.

Berikut Bekal Supaya Gampang Melalui Jembatan Shiratal Mustaqim

Terdapat banyak amalan yang dapat kita kerjakan sebagai bekal supaya dapat menyebrangi jembatan Shiratal Mustaqim dengan gampang. Nantinya amalan-amalan ini bakal jadi sinar yang menerangi pelakunya. Lalu apa sajakah amalan yang disebut?

Dalam satu kisah dari Imam Ahmad dijelaskan kalau, " Dan neraka jahannam itu mempunyai jembatan yang lebih tidak tebal dari rambut serta lebih tajam dari pedang. Diatasnya ada besi-besi yang berpengait serta duri-duri yang mengambil siapapun yang diinginkan Allah SWT. Serta manusia di atas jembatan itu, ada yang melintas laksana kedipan mata, ada yang laksana kilat serta ada yang laksana angin. Ada yang laksana kuda yang lari kencang serta ada yang laksana onta jalan. Serta beberapa malaikat berkata : " Rabbi sallim, robbi sallim yang berarti Ya Allah, selamatkanlah, selamatkanlah. Jadi ada yang selamat, ada yang tercabik-cabik, lantas diselamatkan serta ada juga yang digulung dalam neraka di atas berwajah. "

Sesungguhnya Allah SWT membekali tiap-tiap orang dengan sinar supaya dapat lihat jalan yang ditelusurinya di atas jembatan itu. Hingga jika ia seseorang mukmin sejati, jadi sinar yang diterimanya akan senantiasa menyinari selama perjalanan. Tetapi jika ia seseorang yang ingkar, jadi ditengah perjalanan sinar itu akan padam. Hingga ia jalan dalam kegelapan yang menyebabkan ia terjatuh kedalam neraka.

Seperti Rasulullah SAW bersabda kalau,

" Allah SWT bakal memanggil umat manusia di akherat kelak dengan beberapa nama mereka serta ada gorden penghambat dariNya. Mengenai, di atas jembatan Allah memberi sinar pada tiap-tiap orang beriman serta orang munafiq. Apabila mereka sudah ada di dalam jembatan, Allahpun selekasnya merampas sinar beberapa orang munafiq. Mereka menyeru pada beberapa orang beriman, " Tunggu kami, agar kami bisa mengambil beberapa dari sinar anda. " Serta berdo'alah beberapa orang beriman : " Ya Rabb kami, sempurnakanlah buat kami, sinar kami ". Serta saat tersebut, tiap-tiap orang akan tidak ingat orang lain ". (HR. Thabrani 11079)

Bekal supaya gampang melalui jembatan Shiratal Mustaqim :

1. Taubat

Taubatan nasuha bisa mengakibatkan seseorang mukmin peroleh sinar yang disempurnakan supaya sukses menyebrangi jembatan Shiratal Mustaqim. Seperti firman Allah SWT dalam surah At-Tahrim ayat 8 kalau,

" Hai, beberapa orang yang beriman, bertaubatlah pada Allah dengan Taubatan Nasuhan (taubat yang semurni-murninya), semoga Tuhan anda bakal meniadakan beberapa kekeliruanmu serta memasukkan anda dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, pada hari saat Allah tak mengejekkan Nabi serta beberapa orang yang beriman berbarengan dengan dia ; tengah sinar mereka memancar di hadapan serta disamping kanan mereka, sembari mereka menyampaikan : " Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami, serta ampunilah kami. Sebenarnya Engkau Maha Kuasa atas semua suatu hal ".

2. Jalan ke mesjid dalam kegelapan untuk menegakkan shalat

Seseorang mukmin ditanggung mempunyai sinar yang cukup waktu melalui jembatan Shirathal Mustaqim jika ia rajin jalan ke mesjid dalam kegelapan untuk menegakkan shalat. Seperti Rasulullah SAW bersabda,

" Berilah berita senang pada beberapa orang yang jalan menuju masjid-masjid dalam kegelapan dengan sinar yang prima pada hari kiamat. " (HR. Ibnu Majah 773)

Lalu dalam kisah yang lain, dijelaskan kalau Rasulullah SAW kerapkali waktu jalan menuju mesjid berdoa dengan doa di bawah ini, " Ya Allah, jadikanlah sinar dalam hatiku, dalam penglihatanku, dalam pendengaranku, disamping kananku, disamping kiriku, disamping atasku, disamping bawahku, didepanku, dibelakangku serta jadikanlah saya bersinar. " (HR. Bukhori. 5841)

3. Membuat perlindungan sesama muslim dari kejahatan orang munafik

Dalam soal ini Rasulullah SAW bersabda kalau, " Siapa saja membuat perlindungan seseorang Mukmin dari kejahatan orang Munafik, Allah bakal mengutus malaikat membuat perlindungan daging orang itu pada hari kiamat- dari neraka jahannam. Siapa saja menuduh seseorang Muslim dengan maksud menginginkan mencemarkannya, jadi Allah bakal menahannya di atas jembatan neraka jahannam sampai orang itu dibikin bersih dari dosa pengucapan buruknya ". (HR. Abu Dawud 4239)

4. Ikhlas bersedekah

Seorang yang bersedekah dengan ikhlas, terkecuali memperoleh banyak pahala nantinya di akhirat ia juga bakal dipermudah waktu melalui jembatan Shiratal Mustaqim. Rasulullah SAW bersabda kalau, ”barangsiapa berbuat kebaikan dengan bersedekah jadi dia diijinkan lewat ash shirat dengan memperoleh panduan”

5. Kurangi beban serta menolong orang lain

Dalam satu kisah dijelaskan kalau Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan diri untuk menolong orang lain, Allah bakal isi hatinya pada harikiamat dengan keridhoan-Nya serta barangsiapa yang jalan dengan saudaranya bakal satu keperluan lalu dia dapat memenuhinya, jadi Allah bakal mengambil keputusan dua kakinya pada hari saat kaki-kaki bakal terpeleset dalam neraka” (HR. Anas)

Sekianlah penjelasan tentang bekal supaya gampang melalui jembatan Shiratal Mustaqim. Sebagai seseorang mukmin telah sepatutnya kita menyiapkan diri hadapi kehidupan yang abadi kekal di akhirat. Satu diantaranya dengan lakukan sebagian amalan di atas. Hingga nantinya dapat melalui jembatan Shiratal Mustaqim dengan gampang serta selamat. Mudah-mudahan berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel